Friday, July 08, 2005

Kegiatan INTI utk Perempuan dan Anak di Aceh

Saya barusan terima kabar dari rekan dari INTI ttg kegiatan pemberdayaan untuk perempuan dan anak di Aceh. Rupanya, banyak orang mulai lupa dan tak perhatikan lagi ttg apa yang sedang mengalami oleh kalangan lemah di Aceh. Kegiatan serupa ini harus dilakukan secara jangka menengah panjang.

Daeng KM

----------

Rekan-rekan sekalian,

Salah satu partner kerja Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) di Aceh membina Pusat Pemberdayaan Perempuan "Beujroh". Beujroh mencoba memaksimalkan potensi remaja wanita dan ibu rumah tangga Aceh untuk dapat mengakses pendidikan dan berbagai macam pengetahuan dengan lebih mudah.

Beujroh juga menjadi sarana gotong royong, tempat mereka saling berbagi dan menolong sesama . Saat ini mereka sedang menjalankan program menjahit 10.000 seragam sekolah untuk dibagikan pada anak-anak Aceh. Program ini dilakukan oleh 50 orang saja.

Beujroh juga menyediakan sarana pelatihan. Bekerjasama dengan rekan2 Aceh Media Center, pelatihan ini memperkenalkan mereka kepada dunia baru yang belum pernah mereka kenal sebelumnya : Komputer. Tak ayal, program ini mendapat perhatian dan antusiasme yang sangat tinggi dari anak-anak yang belum pernah menyentuh tuts komputer.

Selain kegiatan2 diatas, Beujroh juga mencoba membangkitkan minat membaca. Saat ini mereka membutuhkan banyak sekali buku-buku untuk perpustakaan mereka.

Kami mengetuk pintu hati rekan-rekan, apabila mempunyai buku/majalah baru/bekas yang dapat disumbangkan kepada mereka. Buku/majalah yang berkaitan dengan pelajaran, komputer, Bahasa Inggris, cerita anak, kesehatan, rumah tangga, memasak, menjahit, industri rumah tangga akan san gat berguna untuk mereka.

Seperti yang kita ketahui, Aceh menempati urutan terburuk dalam hasil ujian nasional 2005. Akses mereka untuk mendapat pengetahuan semakin terbatas, tak banyak bantuan dari pemerintah, mereka harus mencari jalan sendiri mendapatkan pengetahuan. Sumbangan buku2 Anda akan sangat berarti untuk mereka.

Buku/majalah itu dapat Anda kirim ke:

PERHIMPUNAN Indonesia Tionghoa (INTI)
Jl. Roa Malaka Utara no. 5 C-D, Jakarta 11230
telp. 691-5891
fax. 691-5893

Untuk pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi :
Lisa Suroso (0812-9528494)
atau
Email: lisa_suroso@yahoo.com

Semua sumbangan Anda akan kami inventaris dan kami umumkan untuk menjamin transparansi dan kontrol.
Atas semua perhatiaannya kami ucapkan banyak terimakasih.

Salam,
Lisa Suroso
Perhimpunan INTI

No comments: