Saturday, November 04, 2006

Saya sudah berada di Makassar

Mohon maaf atas keterlambatan posting baru ini. Saya sudah berada di Makassar sejak tgl. 23 September 2006 sebagai peneliti tamu di Universitas Hasanuddin. Rencananya saya akan tinggal di Makassar selama 2 tahun dan melakukan kajian tentang kebijaksanaan pembangunan daerah di Indonesia Timur.

Terutama, saya sedang sangat menarik mengenai pembangunan yang berdasar dari inisiatif lokal termasuk komunitas setempat. Selama di Jepang, saya banyak belajar dari pengalaman pembangunan daerah di Jepang, termasuk One Village One Product Movement di propinsi Oita. Peranan local community leader dan pemanfaatan sumber daya lokal (baik SDA maupun SDM) sangat penting untuk mendorong upaya-upaya perbaikan komunitas dan daerah masing-masing.

Maka, dengan blog ini, saya ingin menyampaikan tanggapan dan ide saya yang diharapkan masukan untuk diskusi dan pelaksanaan nyata di lapangan di Indonesia Timur.

Jika sempat, silahkan mampir ke rumah saya dan mari kita diskusi bersama-sama.


Kazuhisa MATSUI
Peneliti Tamu UNHAS
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.9 No.76
Tamalanrea Jaya, Makassar 90245, INDONESIA
(Depan Kantor Mercedes Bentz, Samping AKBA)
E-Mail: daengkm@gmail.com

No comments: