Thursday, January 20, 2005

Terbentuk JAN (Japan Aceh Network)

Teman-teman kami, orang-orang Jepang pencinta Indonesia, sekitar 25 orang kumpul di Takada-no-Baba, Tokyo, dalam turunnya hujan dingin pada 15 Januari. Kami membahas tentang keadaan Aceh saat ini dan apa yang paling tepat jika kami melakukan sesuatu kegiatan bantuan. Ada pengimbauan dari redaksi Serambi Indonesia, satu-satunya surat kabar lokal Aceh yang dipercaya oleh masyarakat, bahwa perlu dana untuk terdapat tempat darurat yang digunakan untuk sekolah, atau puskesmas, atau tempat ngobrol untuk meredam stres dan trauma. Dengan kain plastik dan empat buah kayu tembok, bisa bertahan sampai mulainya pembangunan kembali bangunan-bangunan tersebut.

Kami setuju untuk membantu bukan makanan dan obat-obatan yang banjir di tampungan namun belum lancar distribusinya, tetapi hal-hal yang kecil tetapi urgen untuk kegiatan komunitas sehari-hari. Kami memutuskan membuat suatu wadah yang bekerjasama dengan Serambi Indonesia yang paling tahu keadaan di Aceh saat ini. Kami memberikan nama "Japan Aceh Net" atau "JAN" terhadap wadah tersebut.

Kami berpikir bahwa orang Aceh menghadapi bukan bencana alam saja tetapi juga bencana yang dibuat manusia yang namanya keadaan darurat bersama akumlasi tragedi selama puluhan tahun ini. Kegiatan JAN kami baru mulai tetapi jalannya masih panjang sekali.

Jika ada yang ingin menyumbang dana untuk JAN, silahkan salurkannya ke:

Nomor Wesel Kantor Pos Jepang: 00190-5-544521
Atas Nama: Indonesia Bunkakyu
(Jangan lupa menyampaikan nama penyumbang)

Daeng KM

No comments: